Host to Host

PDF version
Sebagai salah satu pendukung terlaksananya layanan pendidikan, pembayaran merupakan bagian yang penting. Proses belajar mengajar selalu disokong oleh dana yang sebagian besar merupakan iuran dari peserta pembelajaran selain dari donasi maupun subsidi. Proses penghimpunan dana pendidikan tersebut merupakan sebuah beban kerja tersendiri bagi lembaga pendidikan.
 
Praktek pengelolaan pembayaran pada tiap lembaga pendidikan berbeda. Mulai dari secara manual dengan menyetor langsung melalui bagian administrasi atau Tata Usaha (TU), transfer ke rekening bank milik lembaga, hingga bekerja sama dengan perbankan.
 
Dengan semakin berkembang teknologi informasi, SIAKAD ONLINE bekerja sama dengan PT Makara mengembangkan sistem pembayaran kuliah model Host to Host.  Host to Host adalah sistem pembayaran biaya kuliah yang terintegrasi antara ATM dan keuangan SIAKAD. Mahasiswa cukup melakukan pembayaran biaya kuliah melalui ATM lalu data pembayaran tersebut langsung masuk ke sistem keuangan SIAKAD secara real time.
 
 
 
Sebagaimana yang tergambar pada ilustrasi di atas, konsep pembayaran dengan Host to Host sangat mudah.
  1. Mahasiswa mendatangi ATM bank tertentu yang telah disepakati. Pembayaran dapat dilakukan kapanpun selama dalam durasi pembayaran.
  2. Data pembayaran langsung diolah oleh sistem Host to Host
  3. Setelah itu data pembayaran tersebut langsung tersimpan di sistem keuangan mahasiswa Siakad Online yang telah dipasang di kampus.
  4. Data tersebut tersimpan secara real time sehingga admin keuangan langsung dapat melihat data pembayaran mahasiswa tersebut.
Dengan demikian, kami dari tim SIAKAD ONLINE berharap fitur baru ini semakin memberikan kemudahan kepada para pengguna SIAKAD ONLINE dalam menjalankan proses administrasi perkuliahan di kampus.
 
 
Keuntungan Penggunaan Host to Host
Kampus:
  1. Meminimalisir antrian panjang di kasir keuangan kampus 
  2. Bagian keuangan tidak perlu sibuk mencatat serta melayani padatnya antrian mahasiswa yang akan melakukan pembayaran.
  3. Pembayaran yang dilakukan mahasiswa melalui ATM akan langsung masuk ke dalam sistem keuangan SIAKAD sehingga bagian keuangan kampus cukup melihat dari sistem SIAKAD, siapa saja mahasiswa yang belum & yang sudah membayar.
  4. Mengurangi tingkat korupsi terhadap keuangan yang dibayarkan oleh mahasiswa karena uang yang dibayarkan oleh mahasiswa langsung masuk ke rekening kampus dan data keuangan yang dibayar oleh mahasiswa melalui ATM langsung masuk ke dalam sistem keuangan SIAKAD.
  5. Data pembayaran mahasiswa dapat dilihat secara real time oleh pihak kampus.
  6. Sistem yang dikembangkan dibangun dengan standar kemanan yang tinggi. Standar operasi yang baku menjamin semua proses terkontrol dengan baik.
Mahasiswa:
  1. Mahasiswa dapat melakukan pembayaran kuliah kapan pun selama 24 jam.
  2. Mahasiswa pun dapat melakukan pembayaran melalui ATM.
  3. Memberikan rasa aman kepada mahasiswa pada saat melakukan pembayaran biaya kuliah karena mahasiswa tidak perlu membawa uang cash ke kampus.